Menjaga Keselamatan, Menjadi Orang-Orang yang Menang

9:28 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Menjaga Keselamatan, Menjadi Orang-Orang yang Menang

Pembacaan Alkitab: Wahyu 2:17

Jemaat Efesus pertama kali di rintis oleh Apolos dan pada tahun 52 Paulus datang mengunjungi Efesus. Kemudian tahun 54 untuk kedua kalinya ia mengunjungi Efesus serta membentuk jemaat Efesus yang merupakan Jemaat Pertama di Asia. Mereka adalah jemaat yang antusias tinggi terhadap pelayanan, jemaat yang senang beribadah, tidak gampang dipengaruhi oleh ajaran lain, karena sudah tertanam kebenaran-kebenaran Firman Allah dalam hidup mereka. Mereka adalah jemaat yang hebat karena rela menderita untuk pelayanan. Meskipun mereka adalah jemaat yang hebat, namun Tuhan mencela mereka karena telah meninggalkan kasih yang mula-mula. Mereka tinggalkan yang namanya pelayanan meja yaitu menolong orang yang membutuhkan, memberi tanpa mengharapkan imbalan dan Tuhan berfirman: Jika mereka tidak bertobat, Ia akan mengambil kaki dian dari tempatnya.
Kaki Dian adalah berkat-berkat, karunia-karunia surgawi yang diberikan Allah kepada kita. Jangan sampai Kaki Dian kita dipindahkan kepada orang lain. Kita harus mendengarkan apa yang dikatakan Roh sehingga kita menjadi peka terhadap pekerjaan Roh. Setiap hari manusia bergumul dengan berbagai persoalan hidup dan harus bekerja untuk mendapatkan upah. Hidup itu berat karena itu kita harus bertanding, berperang untuk memperoleh kemenangan (Ayub 7:1). Hanya orang-orang yang menang yang akan diberi makanan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah. Ada 3 kelompok pohon (Kej 2:8,9) yaitu:
- Pohon yang menarik dan buahnya dimakan dengan bebas.
- Pohon kehidupan di tengah-tengah taman
- Pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat
pemenang
sumber gambar pixabay.com
Tuhan Allah mengarahkan manusia untuk tidak memakan buah dari pohon kehidupan. Ketika manusia menjamah pohon kehidupan maka manusia tidak mengenal yang namanya kematian, itu merupakan pohon ujian. Dimana Allah mengetahui bahwa kecenderungan manusia yaitu apa yang dilarang, itu yang dilakukan (Kej 3:22). Pohon kehidupan ada di surga dan berisi makanan rohani yang tidak akan membuat kita lapar, sakit dan disiapkan untuk kita yang menang dari pertandingan peperangan dan pergumulan. Allah berjanji akan menyertai kita dan memberi makanan kepada kita dari pohon kehidupan.

Untuk orang-orang yang menang Allah turunkan dari surga Yerusalem yang baru, kota yang kudus, langit yang baru dan bumi yang baru (Wahyu 21:1,2). Karena langit dan bumi tempat kita berpijak satu kali akan berlalu. Orang-orang yang menang yaitu orang yang mendengar apa kata Roh dan apa kata Allah dalam FirmanNya. Di Yerusalem yang baru tidak ada tangisan perkabungan atau dukacita, tidak ada matahari dan kesusahan. Ia akan menghapus segala air mata kita (Wahyu 21:4). Pada penghakiman terakhir Tuhan Yesus akan memisahkan golongan domba dan golongan kambing (Matius 25:31-46). Dimana Ia akan menempatkan domba yaitu orang-orang yang menang, yang tidak meninggalkan kasih yang mula-mula, yang melakukan sesuatu untuk orang yang paling hina seperti mereka melakukannya untuk Tuhan. Keselamatan bisa terhambat ketika kita tidak belajar mempedulikan orang lain, tidak belajar untuk melayani orang lain. Apa yang kita lakukan untuk orang yang hina kita melakukannya untuk Tuhan. Ia berjanji akan memberi upah, memberikan apa yang kita butuhkan, diberi makan dari pohon kehidupan. Jangan berhenti melayani Tuhan dengan membuka tangan untuk orang-orang yang membutuhkan pertolongan kita. Semoga kita semua dapat lebih bertumbuh, menjadi orang-orang yang menang. Tuhan Yesus Memberkati.

0 comments: