Kuasa Kebangkitan

9:38 PM Khotbah Kristen 0 Comments


Kuasa Kebangkitan

Pembacaan Firman (Yohanes 20:11-18)

Pada tahun 33 peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus terjadi,dimana hal ini merupakan peristiwa yang ajaib, yang indah karena ini merupakan kebangkitan iman kita sebagai orang yang percaya kepada Tuhan. Yesus telah melakukan tugas yang diembannya dari Bapa dengan penuh ketaatan yaitu mati diatas kayu salib untuk menebus dosa umat manusia . Ia berkata bahwa anggur yang Ia minum, cawan yang Ia terima tidak ada  yang mampu melakukannya karena ini adalah tugas yang diembannya dari Bapa.

Setelah Yesus bangkit, Ia menampakkan dirinya  pertama kali kepada Maria Magdalena. Maria Magdalena adalah orang yang sangat mengasihi Tuhan. Ia datang menengok kubur dan hatinya sangat gundah karena tidak menemukan Yesus. Ia menangis dan dalam hatinya timbul pertanyaan dimana Yesus? Ia tidak tahu bahwa Yesus sudah bangkit, seperti halnya murid-murid Yesus. Padahal mereka selalu bersama-sama Yesus selama tiga setengah tahun (Matius 16:21). Rupaya apa yang Yesus ajarkan kepada murid selama tiga setengah tahun gagal (pada saat itu).

Kuasa Kebangkitan, gereja
sumber gambar pixabay.com
Peran wanita ketika Tuhan Yesus bangkit sangat luar biasa. Mereka berkata  bahwa kubur Yesus kosong, tetapi murid-murid mengatakan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu (Lukas 24:11). Kitapun seringkali menghadapi kendala sehingga tidak menerima kemuliaan Allah yaitu: menolak pengenalan akan Tuhan dan melupakan ajaran Firman Tuhan (Hosea 4:6).

Maria Magdalena sudah bercakap-cakap dengan Yesus, tetapi ia tidak mengenal Yesus sebagai Tuhan, tetapi ia mengira Yesus adalah Tuan penunggu taman. Nanti kedua kalinya ia baru mengenal Yesus dan berkata Rabuni yang artinya guru. Pertama kali ia mengenal Yesus sebagai Tuan dan kedua kali ia mengenal Yesus sebagai guru. Hal ini berarti ada penigkatan iman dalam diri Maria Magdalena. Pada kali yang ketiga ia berkata : aku telah melihat Tuhan yang menandakan ia bergerak secara progresif.
Ada beberapa kendala yang membuat para murid Yesus tidak mengenal kuasa kebangkitan :
- Mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati (Yohanes 20:9). Sangat berbahaya kalau dalam kita melayani Tuhan dan mengiring Tuhan tetapi tidak mengerti Firman Tuhan seperti halnya jemaat Efesus. Mereka terkenal sebagai  jemaat yang hebat, sangat luar biasa dalam pelayanan tetapi Yesus berkata: aku mencela engkau. Tetapi akan ada Roh Kudus yang memimpin kita bahwa ketika kita melayani Tuhan maka bagi kita tersedia mahkota kehidupan yang kekal.
- Mereka belum dihembusi Roh Kudus. Semua yang kita kerjakan sia-sia tanpa pimpinan Roh Kudus karena kita melakukannya dengan kekuatan sendiri. Roh Kudus sangat berperan penting dalam kehidupan kita karena : Ia akan menyelidiki segala sesuatu bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah dan yang tertutup akan disingkapkan dan akan dibukakan bagi kita ( 1 Korintus 2:10-11).
- Mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya. Iman-iman kepala dan orang-orang Farisi datang menghadap Pilatus dan mereka berkata : Sesudah 3 hari Aku akan bangkit. Jadi merekalah yang lebih dulu percaya Yesus bangkit daripada murid-murid-Nya yang selalu bersama-sama Dia (Matius 27:62-63).
Jangan sampai kita  sebagai anak Tuhan tidak percaya akan kuasa kebangkitan-Nya. Kebangkitan Tuhan Yesus untuk merestorasi kehidupan kita. Kuasa kebangkitan-Nya sanggup mengubahkan hidup kita. Dengan kuasa kebangkitan-Nya penyakit kita disembuhkan dan dosa kita diampuni.

Semoga menjadi berkat bagi kita sekalian. Tuhan Yesus Memberkati

0 comments: