Menghadapi Masa Yang Sukar

3:43 AM Khotbah Kristen 1 Comments

Pembacaan Firman II Timotius 3:1

“Ketahuilah pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar”
Yesus memperingatkan bahwa pada persitiwa akhir zaman akan terjadi hal-hal yang mengerikan (Matius 24:15-28). Mau tidak mau kita harus menghadapinya, pergumulan hidup harus terjadi. Tetapi semua tergantung dari sikap kita. Kita harus pegeng kebenaran Firman Allah dalam menghadapi masa yang sukar dan tetap kuat dalam Tuhan (Efesus 6:10). Dia tidak akan meninggalkan kita. Karena itu jangan menyerah dengan keadaan yang ada. Mungkin ada orang lain yang mencoba menutup jalan kita, ada pintu yang tertutup bagi kita, tetapi selalu ada jalan yang bisa dibuka oleh Tuhan. Ada begitu banyak cara Tuhan untuk menolong orang-orang yang percara kepada-Nya.
Ada 5 hal yang bisa kita kerjakan untuk bisa menghadapi masa-masa yang sukar, yaitu:

1.    Berdoa (Yakobus 5:16b-18)

Kita harus berdoa dengan keyakinan yang sungguh bahwa apa yang kita doakan dijawab Tuhan. Elia adalah manusia biasa seperti kita tetapi ia bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun dan hujanpun tidak turun di bumi selama 3 tahun dan 6 bulan. Berdoa, berdoa dan berdoa akan membuat kita kuat dalam menghadapi masalah yang sukar. Karena yang menghubungkan orang percaya dengan Tuhan adalah DOA. Teruslah berdoa dan jangan menyerah. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil (Lukas 1:37).

2.    Jangan Ragu Akan Pertolongan Tuhan (Yakobus 1:6)

Yang menghambat doa kita dijawab oleh Tuhan adalah ragu-ragu. Karena itu, jangan pernah bimbang atau ragu akan pertolongan Tuhan. Pemazmur bisa melihat gunung-gunung persoalan didepannya, tetapi ia tidak pernah ragu akan pertolongan Tuhan (Mazmur 121:1-2). Jangan pernah gentar dan putus asa dengan janji Allah. Sekali Ia berjanji akan menolong kita, maka Ia pasti akan menolong kita.
masa sukar
sumber gambar pixabay.com

3.    Teruslah Membuka Tangan Untuk Melayani Tuhan (Lukas 6:38)

Ketika kita memberi, Allah akan membuka jalan dan mendatangkan kelimpahan bagi kita. Jangan tutup tangan bagi orang-orang yang membutuhkan kita apalagi untuk pekerjaan Tuhan. Tuhan akan mencurahkan berkat bagi kita dengan kelimpahan.

4.    Teruslah Memuliakan Tuhan (Habakuk 3:17-19)

Paulus dan Silas sedang berada di penjara dalam keadaan tidak berdaya, kaki dan tangan dipasung tetapi mereka terus memuji Tuhan dan memuliakan Dia. Tiba-tiba Allah datang melawat mereka dan pintu-pintu penjara terbuka sehingga kaki dan tangan yang dipasung terlepas. Begitu dahsyatnya pujian orang percaya. Bahkan tembok Yerikho bisa hancur karena pujian. Pujian penyembahan kita mengandung kuasa, mampu menghadapi setiap persoalan kita.

5.    Tetaplah Tenang Didalam Tuhan (Amsal 14:30

Ketenangan hanya bisa kita raih jika kita tetap didalam Tuhan. Ketika kita tenang, tidak tawar hati, akan membuat kita mempu menerobos persoalan hidup. Masa sukar akan terus terjadi, tetapi tetaplah tenang didalam Tuhan dan jangan tawar hati. Karena jika kita tawar hati akan membuat kekuatan kita menjadi kecil (Amsal 24:10). Maju terus jangan putus asa karena ada Tuhan yang mampu menolong kita.

1 comment: