Roti Hidup

2:54 AM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman: Yohanes 6: 48-51

Kehidupan ditentukan oleh makanan yang kita makan hari-hari ini. Makanan di dunia dapat membuat kita sakit dan membawa kematian. Tetapi makanan yang ditawarkan oleh Tuhan tidak membuat kita sakit dan akan membuat kita hidup untuk selama-lamanya. Yesuslah roti hidup yang telah turun dari surga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya dan roti yang akan Kuberikan itu adalah dagingKu, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.

Elia adalah seorang nabi yang hebat, karena berhasil menaklukan 450 nabi Baal dan 400 nabi Asyera. Tetapi karena ancaman dari Izebel yang ingin membunuhnya, Elia ketakutan dan melarikan diri kepadang gurun. Elia mengalami depresi yang sangat hebat sehingga ia ingin mati. Seringkali hal yang sama menimpa kita. Ada hal-hal yang membuat kita takut dan tertekan seperti Elia. Mungkin ada satu waktu kita merasa dihianati oleh orang lain, kita merasa apa yang kita lakukan adalah sia-sia seperti yang dirasakan Elia. Tetapi disaat kita merasa tidak berdaya dan tertekan, jangan putus asa, ada Tuhan yang sanggup menolong kita. Dalam keadaan putus asa dan tidak punya pengharapan, Allah tetap bersama kita. Elia putus asa di tengah hutan, tetapi datang malaikat Tuhan memberi support untuk dia bangun dan makan (I Raja-raja 19:1-18).
roti hidup
sumber gambar pixabay.com
Gereja butuh support satu sama lain dalam menjalani hidup ini. Sehingga saat ada yang dalam kelemahan dapat dikuatkan oleh yang lain. Malaikat Tuhan datang kepada Elia sampai 2x untuk menyuruh Elia bangun dan makan. Maka bangunlah Elia lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan 40 hari dan 40 malam lamanya sampai ke gunung Allah, yaitu gunung Horeb. Roti yang dibawa oleh malaikat Tuhan itu membuat kesegaran baru bagi Elia untuk bangkit dari putus asa dan tekanan. Tuhan tidak membiarkan Elia dalam tekanan dan putus asa, sehingga Ia menyuruh malaikatNya datang memberi roti dan air kepada Elia. Elia kuat berjalan 40 hari 40 malam karena makanan yang diberikan oleh malaikat Tuhan.

Menu sorgawi yaitu kekuatan kuasa Roh Kudus dan Firman Allah yang kita perlukan dalam menjalani hidup ini. Kalau kita makan Firman Allah setiap hari, maka kita akan menikmati kehidupan di bumi dan di sorga. Yesus Kristus mengajar kita untuk mengambil bagian dalam perjamuan Tuhan. Merupakan kerugian besar bagi gereja, jika tidak mengambil bagian dari perjamuan Tuhan. Karena melalui itu kita mendapat kekuatan baru lewat kita makan roti dan minum anggur yang melambangkan tubuh dan darah Kristus.

Orang Yahudi bertengkar antar sesama mereka dan berkata: “Bagaimana Ia ini dapat memberikan dagingNya kepada kita untuk dimakan (Yohanes 6:52). Mereka tidak mengerti kebenaran, tetapi kita bersyukur karena kita mengerti kebenaran Firman Allah, bahwa lewat perjamuan Tuhan kita dapat makan dan minum dari tubuh dan darah Kristus. Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia mempunyai hidup yang kekal dan aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman (Yohanes 6:54). Karena itu kejarlah makanan rohani yaitu Firman Allah, rajinlah membaca Firman Allah dan kita akan memperoleh jaminan-jaminan dari Allah. Jaminan pertolongan, pembelaan, berkat Tuhan bagi mereka yang suka makan roti kehidupan. Pencuri datang hanya untuk mencuri membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan (Yohanes 10:10). Roti kehidupanlah yang akan membuat kita hidup dan dibangkitkan pada akhir zaman.

Tuhan Memberkati

0 comments: