Rebutlah Hidup yang Kekal (Bagian I)

2:50 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman: I Timotius 6:12

“Bertandinglah dalam pertandingan iman yang bedar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi”

Sifat dasar dari Allah adalah “Kudus” dan “Kasih” (I Petrus 1:16 dan Yohanes 15:10). Allah menghendaki Gereja Tuhan bertumbuh ke arah Kristus yaitu bertumbuh dalam kekudusan dan dalam kasih sama seperti karakter Allah. Roma 2:7 mengatakan yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan. Tekun berbuat baik pondasinya adalah kudus dan kasih. Untuk kita berbuat baik sesuai dengan kebenaran Firman Allah maka satu kebenaran yang harus kita lalui yaitu tinggal dalam kebenaran.

kehidupan
sumber gambar pixabay.com
Matius 19:16-26 Menceritakan bahwa suatu perumpamaan dari Tuhan Yesus mengenai betapa susahnya seorang muda yang kaya untuk masuk dalam kerajaan Allah. Seorang yang masih muda ini merupakan seorang pemimpin di kalangan Yahudi. Ayat 16 mengatakan ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal ?”, ayat 17 Mengatakan jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepadaKu tentang apa yang baik ? Hanya satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah”. Tuhan Yesus mengatakan bahwa untuk memperoleh hidup yang kekal maka kita harus menuruti segala perintah Allah. Ketika kita mempunyai Firman maka sebenarnya kita telah memiliki segala sesuatu. Ayat 18-19 Kata orang itu kepadanya: “Perintah yang mana ?” Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”. Dalam Keluaran 20:1-17 maka kita akan mendapatkan 10 Hukum, menarik mengapa Tuhan Yesus Cuma mengambil hukum yang ke 6 sampai 10 ? Ternyata 10 hukum Allah membaginya menjadi 2 bagian yaitu Hukum 1-5 berkaitan dengan Hubungan Manusia dengan Allah dan hukum 6-10 merupakan hukum mengenai hubungan antara Manusia dengan sesama. Hubungan dengan sesama menjadi landasan utama dari hidup yang kekal.

Kalau hidup kita tidak harmonis dengan sesama maka semua apa yang kita lakukan buat Tuhan sia-sia. Ibrani 13:1 mengatakan Peliharalah kasih persaudaraan!, I Petrus 2:17 Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!. Untuk itu peliharalah kasih di antara kita karena dengan kasih inilah maka kita dapat berhasil dalam hubungan dengan Allah. Kita tidak akan dapat mengasihi Allah jika kita tidak memiliki kasih yang baik dengan sesama. Jika kita belum saling mengasihi antara sesama kita dan antara kita dengan keluarga kita maka kita tidak akan meraih janji-janji Tuhan dan kita tidak dapat mengasihi Allah karena kasih dengan sesama merupakan dasar untuk kita dapat mengasihi Allah. Mengevaluasi hubungan dengan sesama merupakan alat uji untuk kita meraih hidup yang kekal dan lakukanlah perintah Tuhan dengan sungguh-sungguh.

Tuhan Memberkati

0 comments: