Perumpamaan Tentang Talenta

9:15 PM Khotbah Kristen 1 Comments

Pembacaan Firman Matius 25: 14-30

Pembacaan Alkitab dalam Matius 25:14-30, menceritakan Perumpamaan Tentang Talenta. Seorang tuan yang pergi keluar kota dan mempercayakan hartanya (talenta) kepada hamba-hambanya. Kita adalah hamba-hambanya yang dipercayakan talenta oleh Tuhan.

perumpamaan tentang talenta
sumber gambar pixabay.com

1.    Talenta Diberikan Menurut Kesanggupan Masing-Masing

(ayat 15) “Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya”. Talenta awal yang diberikan Tuhan kepada kita masing-masing berbeda. Ada yang mendapat banyak, ada yang mendapat sedikit, mungkin kita bertanya mengapa pembagiannya tidak adil ? mengapa kita tidak memperoleh jumlah yang sama ? Adalah karena setiap orang memiliki kesanggupan yang berbeda pula, sehingga talenta yang kita terima masing-masing awalnya tidak sama. Namun ingat, talenta awal yang kita terima bukanlah hal yang terpenting.

2.    Mengembangkan Talenta

Hamba yang baik adalam mereka yang mengembangkan talentanya. Setiap apa yang Tuhan beri kepada kita dipergunakan sebaik-baiknya dan dikembangkan. Entah itu kemampuan, materi, tenaga, jabatan, ilmu, kesehatan, apapun itu pergunakan dengan bijaksana dan kembangkan talenta kita. Tuhan akan sangat senang melihat kita mempergunakan dengan baik kepercayaan yang Tuhan berikan.

3.    Memperoleh kepercayaan yang lebih besar

(ayat 21,23) “Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan Tuanmu.” Jelas bahwa orang yang mengembangkan talenta yang diberikan kepada mereka akan memperoleh kepercayaan dan perkara yang lebih besar.

4.    Orang yang tidak mengembangkan talenta dari padanya akan diambil

Jangan sekali-kali kita menyia-nyiakan talenta yang Tuhan percayakan bagi kita. Sebab setiap kita yang tidak mengembangkan talenta, akan diambil dari padanya.

Inti dari pembacaan ini sebenarnya bukanlah seberapa banyak talenta yang kita. Namun bagaimana kita mengembangkan talenta yang Tuhan percayakan kepada kita. Bagaimana jika seandainya orang yang memiliki 1 talenta mengembangkan talenta yang dimilikinya sedangkan yang memperoleh banyak talenta tidak mengembangkannya ? Tentu saja dari orang yang dipercayakan talenta besar sekalipun akan diambil dan diberikan kepada siapa saja yang mengembangkan talenta miliknya.

(ayat 29) “Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.”

Inilah cara kerja Tuhan. Setiap orang yang dengan setia mengerjakan dan mengembangkan kepercayaan yang Tuhan berikan kepadanya akan memperoleh lebih hingga melimpah, namun yang tidak mengembangkannya dari padanya akan diambil. Maka jangan heran orang-orang yang setia semakin diberkati sedangkan yang tidak dari padanya akan diambil. Tidak perlu meminta talenta yang besar, namun kerjakan seberapa talenta yang Tuhan beri dengan sebaik-baiknya. Ingin kariermu menanjak, kerjakanlah pekerjaanmu sekarang dengan baik. Ingin banyak uang, pergunakan dan kembangkan uang yang saat ini ada ditanganmu. Ingin pelayananmu lebih baik kepada Tuhan, kerjakan pelayananmu yang terbaik hari ini. Tuhan senang orang yang mempergunakan talentanya dengan baik dan dengan senang hati akan melimpahkannya. Tidak perlu fokus pada talenta orang lain yang mungkin lebih besar, kembangkanlah talentamu hingga berlimpah. Barang siapa setia terhadap perkara kecil, kapadanya akan dipercayakan perkara yang lebih besar. 

Tuhan Memberkati


1 comment:

  1. http://nalurerenewws.blogspot.com/2018/09/taipanqq-jangan-salah-mengira-anda.html
    http://updatetaipanbiru.blogspot.com/2018/09/taipanqq-jangan-harap-bisa-ubah-8-hal.html


    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    ReplyDelete