Mendengarkan Dengan Kedua Telinga

2:02 AM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman: Keluaran 15:26

“Firmannya: ‘Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan melakukan apa yang benar dimataNya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintahNya dan tetap mengikuti segala ketetapanNya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Akulah Tuhanlah yang menyembuhkan engkau.”

Mendengar merupakan permulaan dari pengenalan kita akan Tuhan. Pada banyak ayat Alkitab, disebutkan betapa pentingnya seseorang yang mendengarkan Firman Tuhan, sebab sebelum seseorang melakukan Firman, terlebih dahulu Firman itu didengarkan. Bagaimana cara kita mendengar mengambil peranan penting dalam kehidupan kekristenan.
mendengarkan
sumber gambar pixabay.com
Apa yang kita dengar, akan menentukan hasil yang akan kita raih dimasa depan. Kalau kita mendengar berita hanya sepotong-sepotong maka hal itu akan menghasilkan persoalan. Demikian juga dalam kita mendengar Firman Allah harus dengan menggunakan kedua telinga kita (dengan utuh). Karena, banyak kegagalan terjadi di jemaat karena tidak mendengar Firman Allah dengan sungguh-sungguh.

Kata sungguh-sungguh mendengar dalam Friman Allah dalam bahasa Ibrani yaitu: Sha’Mah yang artinya mendengar dengan menggunakan telinga kanan dan kiri dan yang terdengar itu adalah Firman Allah. Kalau kita rindu menerima berkat-berkat Tuhan mari kita mendengar sungguh-sungguh Firman Allah.

Syarat untuk menerima janji Tuhan lewat mendengar:
-   Apa yang kita dengar, perhatikan baik-baik. Sehingga Firman Allah menjadi rhema bagi kita.
-  Sungguh-sungguh mendengar Firman Allah. (Amsal 4:20) arahkan telinga artinya mencondongkan atau memiringkan telinga sebagai tanda kita menghormati Firman Allah.

Hidup kita tergantung Firman Allah, keberhasilan kita tergantung kepada Firman Allah, dan mujizat terjadi ditentukan oleh Firman Allah. Kalau kita memberi perhatian secara khusus terhadap Firman Allah, maka kita akan beria-ria didalamnya. Lewat Firman Allah iman percaya kita akan diteguhkan (Roma 10:17).

Dalam keadaan apapun, mari kita belajar mendengar dengan menggunakan kedua telinga kita dan berita yang kita dengar jangan hanya sekedar lewat saja, Semakin kita mendengarkan Friman Allah, semakin kita dikayakan, semakin kemuliaan Allah dinyatakan bagi kita.

Mendengar dan memperhatikan Friman Allah dapat membuat kita disebut:
-    Orang yang mengasihi Allah
-    Orang yang memiliki iman

Dengar Firman Allah sungguh-sungguh, masukan didalam hati serta lakukan, maka Allah akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir sehingga kita hidup dalam kelimpahan dan usaha, profesi, pekerjaan atau apapun yang kita lakukan akan diberkati.

Tuhan Memberkati

0 comments: