Menjadi Terang Melalui Perbuatan

6:42 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman : Matius 5:16

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” 

Perbuatan dalam kehidupan sehari-hari menunjukan karakter kekristenan seseorang. Ada ungkapan yang mengatakan satu teladan lebih baik daripada seribu nasehat. Seseorang dapat saja begitu fasih berkhotbah, memberikan banyak nasehat yang membangun, namun terlebih dari itu apakah dia sudah memuliakan Tuhan melalui perbuatannya ? perkataan dan perbuatan merupakan suatu perkara yang berbeda sebab hidup seseorang seringkali bertolak belakang dengan apa yang diucapkan.

terang bercahaya
sumber gambar pixabay.com

Terangmu Bercahaya Bagi Banyak Orang

Pada pembacaan alkitab disebutkan bahwa hendaknya melalui perbuatan, kita dapat menjadi terang bagi banyak orang. Ketika kita di sekolah, kantor, berjumpa dengan orang-orang sekitar, sudahkah pribadi Yesus menjadi cermin kehidupan kita ? Ketika orang lain melihat pribadi kita yang baik, sadar maupun tidak kita telah memuliakan Tuhan melalui hidup kita memberkati banyak orang.
Dengan perbuatan kita saja sesungguhnya kita telah menjadi berkat bagi orang lain. Mungkin kita pernah mengalami atau bertemu orang-orang yang ketika dijumpai dan hidup kita merasa begitu diberkati. Seakan ketika bertemu orang tersebut beban masalah kita menjadi ringan, pribadi yang begitu mendamaikan dan disukai banyak orang.

Memuliakan Tuhan Dalam Hidup Kita

Mungkin kita memang tidak setiap saat beribadah kepada Tuhan, namun hanya melalui hidup kita saja sesungguhnya kita sudah memuliakan Tuhan. Bagaimana itu terjadi ? Ketika melalui perbuatan, kita menjadi terang bagi banyak orang. 

Membangun Diri Melalui Perbuatan

Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. Ketika kita perbuatan kita benar, kita sudah membangun diri kita, membangun iman kita. Iman seperti apapun percuma bila tidak diberengi dengan perbuatan

Motivasi yang Benar

Berbuatan yang benar harus dilandasi motivasi yang benar. Ketika kita berbuat yang baik kepada orang lain bukan berharap kita mendapat kebaikan pula, ketika kita memberi bukan berarti dengan harapan karena kita akan diberi lebih banyak. Ketika perbuatan kita dilandasi motivasi yang salah kita akan kecewa. Kita berbuat baik bukan agar kita dipuji orang, bukan agar orang-orang menghormati anda. Perbuatlah yang benar karena karakter Kristus ada dalam hidup kita, agar nama Tuhan saja yang dimuliakan melalui perbuatan kita, bukan kita yang berbangga diri. Tetaplah hidup dalam kerendahan hati, berbuatlah yang benar sehingga terang Tuhan ada dalam hidup kita, nyata melalui perbuatan kita, nama Tuhan saja yang dipuji dipermuliakan.

Tuhan Memberkati

0 comments: