Mengikuti Jalan Tuhan

4:18 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman: Mazmur 37:5-6

“Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepadaNya, dan Ia akan bertindak; Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.”

Daud adalah seorang raja yang mempunyai segala-galanya, tetapi Ia menyadari bahwa apa yang dimilikinya terbatan, karena itu Ia menyerahkan jalannya kepada Tuhan. Kita pun manusia yang lemah dan terbatas seperti Daud, seringkali tersesat seperti domba yang mengambil jalannya sendiri (Yesaya 53:6). Karena itu serahkanlah jalan kita kepada Tuhan agar kita tidak tersesat. Ia akan bertindak, Ia akan mengambil alih seluruh beban kita.

Siapapun dari kita tidak bebas dari pergumulan hidup. Karena kepada kita, dikaruniakan bukan hanya percaya saja, tetapi juga menderita untuk dia. Seperti halnya pemazmur, seringkali kita berada dalam lembah kekelaman, lembah penderitaan, tetapi disitulah kemuliaan Tuhan akan dinyatakan.
jalan
sumber gambar pixabay.com
Yunus adalah orang yang dipilih Tuhan untuk memberitakan injil kepada Niniwe (Yunus 1:1-17). Tetapi Yunus menolak jalan Tuhan, ia melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan Tuhan, ia tidak dengar-dengaran kepada Tuhan, ia tidak menyerahkan diri kepada Tuhan dan akibatnya datang angin ribut.

Kalau tidak mau menghadapi angina ribut, serahkanlah jalan kita kepada Tuhan, berjalanlah bersama Tuhan. Kalaupun ada angina ribut, Tuhan akan memproteksi kita, berjalan saja terus karena ada Dia besarta kita. Ikut jalan Tuhan akan membuat kita sejahtera.

Kalau kita ada dijalan Tuhan maka dalam sekejap, Ia bisa memberikan kelimpahan kepada kita, tetapi sebaliknya kalau kita tidak mengikuti jalan Tuhan maka dalam sekejap Ia dapat mengambil semua yang kita miliki. Selama kita ada dijalan Tuhan, selama itulah kita akan dipelihara oleh Tuhan. Jadilah seperti Yosua, kalau kita ingin berhasil, dalam perjalanan hidup kita (Yosua 1:8). Serahkanlah pergumulan kita kepada Tuhan, komitlah dengan Tuhan, jangan meragukan Dia, percayalah Tuhan tidak akan mengecewakan kita.

Unsur mempercayakan diri sepenuhnya kepada Tuhan yang akan membuat Ia bertindak. Pergumulan kita besar, tetapi ada Tuhan yang lebih besar dari pergumulan kita. Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang dan hakmu seperti siang. Tuhan akan memunculkan keberhasilan, kesuksesanm keuntungan dan hal-hal yang besar bagi kita. Karena itu bertahanlah, tetaplah kuat di dalam Tuhan, jangan mundur, jangan kecewa, Dia sudah menyiapkan berkat-berkat untuk kita. Bersama Tuhan kita akan cakap menanggung segala perkara dan bersama dia kita akan melakukan perkara-perkara yang besar.

Tuhan memberkati.

0 comments: