Pilihan Ada Ditangan Kita

3:20 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman: Ulangan 30:19-20

Allah melihat keadaan bangsa Israel pada waktu itu telah menjadi budak di Mesir sehingga Allah menginginkan bangsa Israel dibawa menuju ke tanah perjanjian. Allah memakai Musa untuk membawa bangsa ini keluar dari Mesir. Bangsa Israel telah merasakan dan menikmati begitu banyak pertolongan dari Tuhan semenjak mereka dibawa keluar dari Mesir akan tetapi banyak kali mereka bersungut-sungut dihadapan Tuhan sehingga mereka melewati padang gurun selama empat puluh tahun.

pilihan
sumber gambar pixabay.com

Dalam pembacaan ini bangsa Israel belum masuk ke tanah perjanjian. Bangsa Israel karena tidak taat kepada Tuhan sehingga mereka begitu sulit untuk masuk ke tanah perjanjian. Dalam ayat 19 dikatakan “Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu” disini ada pilihan yang dikatakan oleh Allah kepada bangsa Israel. Banyak peraturan dan ketetapan yang diatur oleh Tuhan tergantung kepada kita untuk memilih. Dalam Yeremia 21:8-9 dikatakan “Tetapi kepada bangsa ini haruslah kau katakan: Beginilah Firman Tuhan: Sesungguhnya, Aku menghadapkan kepada kamu jalan kehidupan dan jalan kematian. Siapa yang tinggal di kota ini akan mati karena pedang, karena kelaparan dan karena penyakit sampar; tetapi siapa yang keluar dari sini dan menyerahkan diri kepada orang-orang Kasdim yang mengepung kamu, ia akan tetap hidup; nyawanya akan menjadi jarahan baginya. Disini dikatakan ada pilihan yang Tuhan berikan kepada bangsa Israel.

Dalam kitab Efesus 2:8-9 kita boleh ada dalam keselamatan hanya karena pemberian oleh Tuhan. Kalau kita dengan setia mengikuti kehendak Tuhan maka kita aka berjumpa dengan Tuhan. Untuk itu kita dituntut untuk dewasa dalam iman, dalam tingkah laku kita dalam mengiring Tuhan. Melihat situasi dunia sekarang dengan konflik yang terjadi di Israel kita dapat melihat bahwa akhir zaman sudah dekat karena nubuatan-nubuatan sudah mulai digenapkan di akhir zaman ini. Untuk itu marilah kita sebagai anak-anak Tuhan dapat lebih dekat kepada Tuhan dengan hidup takut akan Tuhan dan melakukan kehendakNya sehingga kita berkenan dihadapanNya karena pilihan ada di tangan kita.

Tuhan Memberkati.

0 comments: