Jangan Takut

1:21 AM Khotbah Kristen 1 Comments

Pembacaan Firman: Lukas 2:10

“Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa”
 
Natal adalah ketika kita menerima kesukaan besar karena kelahiran Yesus Kristus juruselamat kita. Jadi, natal ditujukan untuk persiapan rohani dan bukan jasmani. Kesiapan hati yang terutama harus kita lakukan dalam menyambut natal.

jangan takut
sumber gambar pixabay.com

Pada waktu kelahiran Yesus Kristus juruselamat dunia, para gembala mendengar suara yang berkata: “Don’t be afraid” – Jangan Takut. Hal itu merupakan awal kebangkitan Allah melawat umatNya setelah kurang lebih 430 tahun kurun waktu antara Perjanjian Lama – Perjanjian Baru Tuhan tidak berfirman. Selama  itulah manusia tidak mendengar Firman Allah, sehingga muncul mitos-mitos lahirlah filsafat-filsafat dan ilmu pengetahuan semakin berkembang.

Dalam menyebut natal ada banyak ketakutan yang dihadapi oleh umat Tuhan. Tetapi kita bersyukur ada Firman Allah yang berkata jangan takut. Dalam Alkitab kata jangan takut ditulis sebanyak 365 kali. 1 tahun = 365 hari – Ini berarti bahwa setiap hari Allah berfirman jangan takut karena ada Dia yang akan menolong kita.

Bangsa Israel saat dalam kondisi yang mengecewakan, mereka dalam ketakutan karena Tuhan mengeraskan hati Firaun, sehingga ia mengejar orang Israel. Tetapi orang Israel berjalan terus dipimpin oleh tangan yang dinaikan (Keluaran 14:8). Allahlah yang memimpin mereka pada siang hari dalam tiang awan dan pada hari dalam tiang api (Keluaran 13:21).

Kalau kita mau lepas dari ketakutan, angkat tangan dihadapan Tuhan, banyaklah menyerah kepada Tuhan dan Ia akan turun tangan menolong kita. Penyerahan diri secara total yang akan membuat kita diangkat oleh Tuhan. Kehadiran Allah yang akan membuat kita lepas dari persoalan. Selama ada hadirat Allah, kita akan terlepas dari ketakutan, membuat kita tenang.

Akuilah Tuhan dalam segala lakumu maka Ia yang memimpin perjalanan kita, mengarahkan jalan kita (Amsal 3:5-6). Berilah hidupmu dipimpin oleh Tuhan, tinggalah terus dalam hadirat Allah. Arti natal yang sesungguhnya ketika kita peduli dengan orang miskin dan berkekurangan, mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Dia berjanji akan memimpin, menolong, memberkati dan mengangkat kita naik dan bukan turun.

Tuhan Memberkati

1 comment:

  1. Maaf bukanya mengkritik, tapi mau nanya dari mana 365 kali kata jangan takut di Alkitab, pake terjemahan mana ya....

    Atau apakah ini teori pembenaran???

    ReplyDelete