Kategori Domba dan Bukan Domba

12:59 AM Khotbah Kristen 1 Comments

Kategori Domba dan Bukan Domba

Pembacaan firman ( Yohanes 10 : 20 -30 )

Peristiwa dukun Ponari (kisah batu ajaibnya yang katanya dapat menyembuhkan berbagai penyakit) merupakan salah satu tanda kedatangan Tuhan (Wahyu 13) Dunia akan heran dengan tanda-tanda ajaib si setan, dan saat ini mereka sedang mengatur strategi, namun sebagai orang percaya Yesus jangan terpengaruh dengan hal–hal seperti itu namanya dukun itu tidak dibenarkan. Iblis ingin menghancurkan pola pikir manusia untuk menghancurkan manusia itu sendiri. (Wahyu 13 : 13) dan Ia mengadakan tanda–tanda yang dasyat bahkan Ia menurunkan api dari langit ke bumi didepan mata semua orang. Ini merupakan tanda awal kedatangan Tuhan, sebab itu iblis berusaha sekuat mungkin menyesatkan manusia ingat itu baru pemulaan. Sebagaimana kita tahu iblis datang untuk membunuh, mencuri dan membinasakan tapi Yesus datang untuk memberikan suatu kehidupan bagi orang yang percaya. (1 Yohanes 4:4) Roh yang ada pada kamu lebih besar dari Roh yang ada di dunia ini. Yesus mau supaya kita lebih lagi berserah kepadaNya. Ketika pentabisan Bait Allah di Yerusalem, Yesus berjalan–jalan disamping bait Allah itu, sedang memperhatikan murid-muridNya merasa bingung dimana ada suatu yang mungkin pada saat itu mereka  mengganggap Yesus bukan mesias sehingga mereka menghina Yesus pada saat itu. Disini kita melihat bahwa Yesus sendiri telah melakukan tanda–tanda ajaib saat itu namun mereka tidak  percaya sehingga orang yang seperti itu dikatakan Yesus bahwa (ayat 26) kamu tidak termasuk domba–dombaKu. Yesus hari–hari ini ibarat sedang menampi beras dan sekam terjadi pemisahan nanti yang kategori bukan domba mereka yang tidak percaya akan tersesat mencari pertolongan yang lain sedangkan yang kategori domba dengar suara Yesus dan percaya mengikut Dia (ayat 27). JaminanNya kepada mereka yang sungguh–sungguh mencari Yesus memberikan kehidupan yang kekal (ayat 28 ).
Domba
Sumber Gambar: Pixabay.com

Ketika kita percaya Yesus jaminan kekuatan dan kebahagiaan tidak akan ada sesuatu apapun yang nantinya bisa merebut dari tangan Bapa, Allah telah menggukir kita di telapak tanganNya siapa yang akan bisa merebut kita. Namun ada 2 cara Allah berkaitan dengan kekuatan tanganNya: tanganNya  mengeluarkan Bangsa Israel dari perbudakan dengan kekuatan TanganNya Tuhan telah membawa mereka keluar dari sana ( keluaran 13 ayat 13 ) kalau Allah mampu berbuat seperti itu apakah Dia tidak mampu menopang bumi ini sekalian menolong kita ? nah apabila Dia mampu menopang bumi ini, maka persoalan apapun yang kita hadapi sangat ringan bagi Allah. Firman itu telah menjadi manusia dan diam diantara kita, dan kita telahmelihat kemuiaanNya yang penuh kasih dan kebenaran (Yohanes 1 : 14). Siapakah yang akan dapat memisahkan kita dari kasih Kristus ? dst……. (Roma 8 : 35). Sebagai domba kita ini adalah pilihan Tuhan karena Yesus yang sudh mati kemudian bagkit bahkan duduk disebelah kanan Allah akan menjadi pembela bagi kita yang percaya kecuali kita memisahkan diri --- murtad karena mereka mengganggap susah untuk mencari Yesus apa yang terjadi mereka beralih mencari pertolongan yang lain seperti dukun agar cepat sembuh yang terjadi saat ini (Peristiwa Ponari). Janganlah seperti itu karena Yesus berjanji Ia akan memberikan kehidupan yang kekal --- ada suatu kepastian --- Yesus tidak pernah berubah. Sehingga keselamatan harus dipertahankan. 

Yesus adalah Pokok dan Gereja Tuhan adalah ranting dimana ketika ranting melekat ke pokok dan akan berubah karena selalu dibersihkan dan pasti lebih banyak berubah namun ketika tidak berubah dai akan dipotong dan menjadi kering dibuang dan dibakar. (Yohanes 15). Jangan sampai hal itu terjadi pada kita, Yesus mau supaya kita bertahan jangan sampai kita murtad. Bapaku, yang memberikan mereka kepadaku, lebih besar dari pada siapapun dan siapapun tidak dapat merebutnya dari tangan Bapa. ( ayat 29 ) menunjuk pada kebesaran Tuhan dan Aku dan Bapa adalah satu (ayat 30) Yesus adalah wujud Allah Bapa yang tidak kelihatan dan kuasa itu ada di tangan Yesus dan dia yang sudah memberi keselamatan dan kita orang percaya memerlukan tuntunan Tuhan agar kita tidak tersesat. Kita tahu bersama pengalaman Ayub walaupun ada penindasan tekanan, tapi dia tetap bertahan menunggu janji Allah. Bertahan --- ada pemulihan --- Yesus tidak pernah merobah janjiNya hidup yang kekal dan tidak akan binasa, tetap berserah karena Tuhan mengenal apa yang sedamg kita hadapi, jangan putus asa dan jangan terpengaruh dengan hal–hal disekitar kita. Sama–sama mari kita menikmati kebaikan Allah.   
 

1 comment:

  1. Selamat malam,
    Akhirnya sampai juga blogwalking disini
    Artikelnya menarik dan inspiratif
    Salam kenal dan terus bikin artikel yang bermanfaat

    Konsultan SEO Indonesia

    ReplyDelete