Menjadi Gemuk dan Segar

4:48 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman Mazmur 92: 13-15

Dalam pembacaan Alkitab kita saat ini yang terdapat dalam Mazmur 92:13-15 dikatakan menjadi “gemuk dan segar”. Kata “gemuk” dalam hal ini bukan berarti “over weight” (kelebihan berat badan), kata gemuk berbicara mengenai kondisi hidup yang berkecukupan, dan tubuh kuat. Sedangkan kata “segar” berbicara mengenai tubuh yang sehat dan menyegarkan. Berkaitan dengan kita sebagai anak-anak Tuhan dalam hal gemuk dan segar kita menikmati pemeliharaan Tuhan secara sempurna sesuai dengan kehendak Tuhan. Di dalam Alkitab juga sering dikatakan bahwa kita bertumbuh bagaikan pohon korma dan pohon aras libanon. Sekedar informasi bahwa Pohon Aras di Libanon saat ini menjadi pohon yang dilindungi dengan undang-undang karena sudah masuk kategori pohon yang sudah hampir punah keberadaannya. Selain itu kayu dari pohon aras termasuk kayu yang keras, sangat kuat dan berbau harum jika dibakar, hal ini menggambarkan kondisi orang Kristen yang kuat dan berbau harum, menjadi kesaksian dimanapun kita berada. Sebagai anak Tuhan, kita memiliki rasa dan ciri khas sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki dalam kehidupan kita.

sumber gambar pixabay.com
Sedangkan Pohon Korma adalah salah satu pohon yang dapat tumbuh di kondisi tanah yang kering di padang pasir dan termasuk pohon yang baik pertumbuhannya karena mampu tumbuh lurus keatas dan tidak pernah bengkok, buahnya sangat manis. Tuhan menghendaki kita untuk dapat tumbuh seperti pohon korma yang bertumbuh imannya walaupun ditengah situasi yang sulit sekalipun dan tetap menghasilkan buah-buah yang manis (buah-buah roh). Ini merupakan tujuan Allah kepada kita sebagai anak-anakNya. Didalam ayat 14 dikatakan bahwa mereka yang ditanam dalam bait Allah akan bertunas yakni ada pertumbuhan iman sehingga kita dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang Tuhan berikan kepada kita untuk kemuliaanNya.

Untuk kita dapat menjadi gemuk dan segar bukanlah sesuatu yang seketika melainkan ada proses yang harus kita lalui untuk mendapatkannya. Seseorang harus ditanam di bait Tuhan dan mengalami proses pertumbuhan sehingga suatu ketika menjadi besar dan menghasilkan banyak buah. Dalam ayat yang ke-13 dikatakan bahwa orang yang akan mendapatkannya adalah orang-orang yang benar menurut kebenaran Firman Tuhan. “Kebenaran” dalam hal ini berarti identik dengan iman karena karena iman manusia dibenarkan. Adapun 3 (tiga) prinsip iman yaitu:

1.    Mengetahui pengetahuan yang benar tentang Allah (Membaca Firman)

2.    Pengenalan akan Yesus Kristus

3.    Orang benar akan hidup oleh iman (Roma 1:17)

 

Mereka yang ditanam di bait Tuhan akan bertumbuh di pelataran Tuhan. Orang yang ditanam di bait Tuhan akan bertumbuh dengan baik, jadilah orang Kristen, anak-anak Tuhan yang mengalami pertumbuhan yang baik, yang ditanam di bait Tuhan dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga kita dapat berbuah bagi kemuliaan Tuhan.

Tuhan memberkati

0 comments: