Umat Kepunyaan Allah

9:39 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman: I Petrus 2:9

“Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terangNya yang ajaib"

Pemahaman daru umat kepunyaan Allah yaitu kata “kepunyaan Allah” diterjemahkan dalam bahasa Yunani “peripoiesis” dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris “saving, possession” yang artinya “diselamatkan, pemilikan”. Konsep dasar umat kepunyaan Allah ternyata juga disebut Harta Kesayangan Allah sendiri (Maleakhi 3:17). Semua yang ada dimuka bumi Alkitab mengatakan suatu saat akan hilang, akan tetapi orang-orang kepunyaan Allah akan diproteksi oleh Allah. Kita sebagai manusia mempunyai keterbatasan untuk mengerti apa kehendak Allah.

salib
sumber gambar pixabay.com
Selanjutnya siapakah yang disebut sebagai harta kesayangan Allah ? Ada dua contoh dalam Alkitab yang sama-sama menerima berkat Tuhan, sama-sama hidup dalam Tuhan yang berbeda merespon kehendak Tuhan.

1.    Keluarga Abinadab (I Samuel 7:1-2)

Tabut Allah berbicara tentang berkat Allah, kemuliaan Allah. Tabut Allah berada di kediaman Abinadab selama 20 tahun. Akan tetapi orang Israel banyak mengeluh dan mereka tidak menghormati kehadiran Allah dan tidak menghargai berkat Allah sehingga kehidupan mereka hanya ada pengeluhan. Kita sebagai anak Tuhan jangan sampai kehilangan momentum kehadiran Tuhan sehingga berkat Tuhan tidak kita nikmati. II Samuel 6:6-7 Usa anak Abinadab mati karena tidak menghormati kehadiran Allah. Kalau kita tidak menghormati kehadiran Allah maka kita tidak akan menerima berkat Tuhan.

2.    Keluarga Obed Edom (I Samuel 6:11-12)

Alkitab berkata Obed Edom dan seisi rumahnya diberkati oleh Tuhan karena Obed Edom menghargai kehadiran tabut Allah. Walaupun hanya tiga bulan tabut Allah berada di rumah Obed Edom, keluarganya diberkati sehingga raja Daud memerintahkan tabut Allah itu dibawa ke istana. Dalam I Tawarikh 26:4-8 mencatatat keturunan dari Obed Edom yang diberkati Tuhan.

Umat kepunyaan Allah adalah:
1.    Orang-orang yang di berkati (ayat 5, II Samuel 6:11)
2.    Pahlawan yang gagah perkasa (ayat 6)
3.    Pelayan Tuhan (II Samuel 6:11). Tidak sia-sia orang yang melayani Tuhan dan tidak sia-sia kita menabur di ladang Tuhan.

Biarlah kita dapat menghormati Firman Allah, menjadi orang-orang yang selalu rindu akan hadirat Tuhan. Menjadikan kita umat-umat kepunyaan Allah.

Tuhan Memberkati

0 comments: