Amanat Agung

6:38 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman Matius 28:18-20


"Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Ayat-ayat diatas merupakan amanat agung dan perintah langsung dari Tuhan Yesus Kristus sebelum Ia naik ke sorga. Kita mengenal kata "Amanat Agung" merupakan penginjilan. Dalam ayat-ayat tersebut diatas Tuhan Yesus meyakinkan kepada murid-muridNya bahwa Ia memiliki kuasa di bumi dan di sorga. Dengan demikian kita telah dilengkapi dengan kuasa atau otoritas dari Tuhan untuk memberitakan Firman Tuhan pada saat kita menginjil.

Saat ini gerakan penginjilan sementara bergerak. Banyak gerakan penginjilan yang sudah masuk ke daerah-daerah yang pada awalnya merupakan tempat yang sulit untuk diinjili sehingga masyarakat di tempat itu banyak yang mengenal Tuhan Yesus. Melalui gerakan penginjilan inilah saat ini sudah banyak orang di berbagai daerah mengenal Sang Juruselamat yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Dari ayat Firman Tuhan yang kita baca saat ini timbul satu pertanyaan yaitu siapakan yang memberi mandat agung ini ? yang memberi amanat agung ini adalah Tuhan Yesus Kristus, amanat ini disampaikan kepada setiap murid-murid sebagai pesan terakhir sebelum naik ke sorga. Dengan kata lain kita harus berusaha untuk dapat memberitakan Injil dimanapun kita berada. Pemahaman memberitakan Injil jangan terikat berdiri di belakang mimbar dan berkhotbah akan tetapi dimanapun kita berada termasuk dengan cara hidup kita yang berkenan kepada Tuhan dapat menjadi suatu teladan bagi orang lain dapat dikategorikan memberitakan Injil. Kisah raja Hizkia pada saat ia sakit ada seorang yang memberitakan Injil dengan iman mengatakan kepada Hizkia "seandainya Tuhan dari nabi datang pasti raja Hizkia sembuh", ini merupakan kalimat perkataan pemberitaan injil.

alkitab
Sumber gambar pixabay.com

Tuhan Yesus adalah pemberi mandat dan yang menerima mandat adalah murid-muridNya. Selanjutnya siapakah murid-murid itu ? Lukas 14:27 "Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku". Kita tidak bisa dikatakan murid-muridNya jika kita tidak memikul salib. Jika kita tidak berani memberi diri dan melayani Tuhan maka kita tidak dapat dikatakan sebagai murid-murid Tuhan Yesus. Beberapa kriteria untuk menjadi murid Tuhan Yesus adalah:

  1. 1 Petrus 2:9 "Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-peruatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib". Murid adalah apa yang telah dipisahkan oleh Tuhan dari kegelapan menjadi Terang.
  1. Lukas 3:8 "Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!". Buah-buah pertobatan dari seseorang yang telah bertobat adalah ia haus akan Firman Tuhan dan merasa rugi kalau tidak memuliakan Tuhan serta suka berkorban untuk pekerjaan Tuhan.
  1. Galatia 5:22-23 "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah lembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu". Seorang yang disebut murid adalah seorang yang memiliki buah-buah Roh.
  1. 2 Korintus 3:3 "Karena telah nyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan ada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu didalam hati manusia"/ Seseorang yang disebut murid adalah seorang yang memiliki buah-buah pelayanan.


Hendaklah kita sebagai murid-murid Tuhan Yesus memiliki kriteria-kriteria tersebuat diatas sehingga kita dapat menghasilkan buah-buah yaitu memenangkan jiwa bagi Tuhan Tesus Kristus, Lukas 3:9 "Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik akan ditebang dan dibuang ke dalam api". Hendaklah kita mempunyai kerinduan untuk membawa jiwa baru untuk Tuhan. Amin

0 comments: