Finishing Well

9:54 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman: Yosua 11:21-23

"Pada waktu itu Yosua datang dan melenyapkan orang Enak dari pegunungan, dari Hebron, Debir dan Anab, dari seluruh pegunungan Yehuda dan dari seluruh pegunungan Israel. Mereka dan kota-kota mereka ditumpas oleh Yosua. Tidak ada lagi orang Enak ditinggalkan hidup di negeri orang Israel; hanya di Gaza, di Gat dan di Asdod masih ada yang tertinggal. Demikianlah Yosua merebut seluruh negeri itu sesuai dengan segala yang difirmankan TUHAN kepada Musa. Dan Yosuapun memberikan negeri itu kepada orang Israel menjadi milik pusaka mereka, menurut pembagian suku mereka. Lalu amanlah negeri itu, berhenti dari berperang."

Ada begitu banyak orang menyelesaikan suatu pekerjaan tetapi tidak dengan sempurna. Yosua orang yang dipersiapkan Tuhan untuk memimpin orang Israel untuk masuk ke tanah Kanaan. Yosua dipersiapkan oleh Tuhan untuk berperang dan untuk mencapai negeri yang dijanjikan itu. Seperti Yosua, Tuhan menginginkan kita untuk meraih tujuan hidup yang baik maka kita harus berperang dalam segala hal untuk mencapai cita-cita kita. Jika kita ingin meraih keberhasilan maka kita harus:

  1. Merencanakan segala sesuatu dengan baik
  2. Melewati proses yang akan membawa kita tetap kuat.
  3. Finishing atau menyelesaikan segala sesuatu yang telah kita rencanakan, kerjakan dengan sempurna.



Ayat 21 "...mereka dan kota-kota mereka ditumpas oleh Yosua". bangsa Israel menjadi kuat karena hati Tuhan ada bersama dengan mereka. Bangsa Israel terikat dengan perjanjian Tuhan untuk menyertai mereka. Ayat 22 "Tidak ada lagi orang Enak ditinggalkan hidup di negeri orang Israel, hanya di Gaza, di Gat dan di Asdod masih ada yang tertinggal". Karena hal inilah yang dikemudian hari menjadi masalah bagi Bangsa Israel

Sangat berbahaya jika kita melakukan segala sesuatu akan tetapi tidak menyelesaikan dengan sempurna. Jika melakukan suatu pekerjaan lakukanlah dan selesaikan dengan sempurna, jangan meremehkan hal-hal yang kecil yang kita tinggalkan. Yosua melakukan pekerjaan yang diperintahkan Tuhan akan tetapi tidak "Finishing Well" atau menyelesaikan dengan tidak sempurna. Kota Gaza turunan orang Enak, dahulu Filistin merupakan musuh, hama bagi Bangsa Israel. Jika melakukan segala sesuatu pekerjaan, kerjakanlah sampai selesai, tuntas (Finishing Well) sehingga tidak menimbulkan masalah  dikemudian hari. Pengkhotbah 7:9, Akhir suatu hal lebih baik dari pada awalnya. Yang paling penting kita harus mengakhiri dengan sempurna. Finishing Well, jika kita telah memulai suatu pekerjaan; apakah kita mengakhiri dengan baik atau buruk ?. salah satu tujuan hidup kita adalah serupa dengan Kristus, Filipi 2:5, Efesus 4:15. Yohanes 19:28-30,..."it is finished".

0 comments: