Kebangkitan Yesus

3:31 AM Khotbah Kristen 1 Comments

Pembacaan Firman: Lukas 24:1-12

Kebangkitan Yesus merupakan peristiwa yang besar bagi Gereja Tuhan dan kesukaan yang besar bagi kita. Yesus Kristus sudah bangkit bagi kita, karena itu kita adalah orang-orang yang menang bukan yang kalah. Murid-murid Yesus yang selalu bersama-sama Dia, tidak mengerti tentang kebangkitan Yesus. Karena itu pagi-pagi benar mereka pada hari pertama minggu ini, pergi ke kubur untuk merempahi mayat Yesus. Tetapi mereka bingung ketika sampai di tempat Yesus dibaringkan, mereka mendapati kubur Yesus yang kosong. Mereka tidak tahu bahwa Yesus sudah bangkit. Padahal Yesus sudah memberitahukan berulang-ulang kepada mereka bahwa Yesus akang diserahkan, dibunuh kemudian pada hari ketiga Ia bangkit (Markus 3:31-32, Markus 9:31, Markus 10:34).

Bahaya kalau kita tidak mengerti Firman Tuhan. Ketika Friman Tuhan kita tidak mengerti maka akan terjadi penyesatan-penyesatan terhadap diri kita sendiri. Murid-murid tidak mengerti Firman Tuhan karena Roh Kudus saat itu belum dicurahkan. Tetapi kita bersyukur karena Roh Kudus sudah dicurahkan kepada kita. Roh Kudus harus mutlak memenuhi hidup kita. Tetapi hal itu tidak menjamin kalau kita penuh Roh Kudus, akan bebas dari pencobaan. Tetapi Roh Kudus menjamin kita, bahwa ketika kita kena pencobaan ada Roh Kudus yang akan memampukan kita untuk melewatinya.
Yesus
sumber gambar pixabay.com
Imam-imam kepada dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus dan mereka berkata: “Tuan, kami ingat bahwa si penyesat itu (maksud mereka Yesus) sewaktu hidupNya berkata: sesudah 3 hari Aku akan bangkit” (Matius 27:62-63). Jadi merekalah lebih dulu percaya Yesus bangkit, dari pada murid-muridnya yang selalu bersama-sama Dia.

Terjadi penyelewengan, penyesatan oleh Mahkamah Agung. Mereka menyebarkan cerita dusta bahwa murid-muridNya datang malam-malam dan mencuri mayat Yesus (Markus 28:11-15). Pertanyaannya kalau Mayat Yesus dicuri oleh murid-muridnya berarti Yesus masih dalam keadaan mati. Tetapi kenyataannya Yesus sudah bangkit dan menampakan diriNya kepada banyak orang. Apapun kata orang tentang kebangkitan Yesus, tetapi Firman Allah mengatakan bahwa Ia sudah bangkit.

Kalau Yesus sudah bangkit, kitapun harus bangkit dari keterpurukan dan semangat kembali untuk melayani Tuhan. Semangat kebangkitan Yesus yang membuat gereja bersemangat dalam melayani Tuhan. Kebangkitan Tuhan memberikan pembaharuan dalam segala hal baik dalam keluarga, pekerjaan, maupun dalam pelayanan. Yesus sudah bangkit dan menyediakan tempat bagi kita.

1 comment:

  1. segala pujian hormat dan kemuliaan hanya bagi Yesus. Halleluya

    ReplyDelete