Keberanian Untuk Bertindak

10:16 PM Khotbah Kristen 0 Comments

Pembacaan Firman: 2 Timotius 1:7 

Ada 3 hal yang dapat kita lihat dari kuasa bertindak yaitu Roh yang memberi kekuatan, kasih dan ketertiban. Saat ini kita akan mendalami Roh yang memberi kekuatan. Roh yang memberi kekuatan. Kata "kekuatan" dalam bahasa Yunani berarti "Dunamis", dalam bahasa lnggris berarti "Power" dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti " kekuatan, keberanian, kuasa". Dalam Kitab Markus 4:16 kata "Dunamis" diartikan sebagai Kuasa untuk melakukan mijizat. Dalam Kisah Para Rasul 1:8 dikatakan kita akan menerima kuasa jika Roh Kudus turun. Tuhan sudah memberikan Kuasa Roh Kudus kepada gereja dan kuasa inilah yang menyertai para Rasul dalam memberitakan Firman Tuhan (Kisah Para Rasul 321-10), Begitu besar kuasa yang diberikan Tuhan kepada murid-muridnya untuk memberitakan kebenaran Firman Tuhan seperti Petrus diberikan kuasa yang besar untuk menyembuhkan orang lumpuh sehingga dengan kuasa inilah nama Tuhan boleh dipermuliakan. Kuasa yang sangat besar ini sudah diberikan Tuhan kepada kita gereja yang benar-benar berharap dan hidup sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.


Dalam menghadapi persoalan hidup yang kita temui sehari-hari maka kita diingatkan untuk berharap pada kuasa Tuhan. Kalau kuasa itu ada maka kita akan dibentuk dan diarahkan untuk berjalan dalam Tuhan. Dalam menghadapi masalah yang teramat besar sekalipun maka buatlah hati kita gembira karena sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan mengatakan bahwa hati yang gembira adalah obat yang memberikan semangat untuk tetap bertahan dan disaat ada kegembiraan ditengah-tengah permasalahan maka disitulah Tuhan senang dan dengan demikian kita mendapatkan pertolongan dari Tuhan. Rahasia Kekuatan (Dunamis) adalah "Urapan" Roh Kudus. Dalam kitab 1 Samuel 16:12-13 menuliskan tentang urapan Daud. Kuasa itu diberikan Tuhan kepada raja Daud dan dengan kuasa itulah Daud dapat mengalahkan semua lawannya. Gereja tidak boleh meninggalkan Urapan karena Urapan adalah rahasia kemenangan gereja.

Urapan Roh Kudus menghasilkan karunia-karunia, bakat-bakat dan kesanggupan [Keluaran 35:30-35, 1 Korintus 12:1-31). ltu semua merupakan pemberian Tuhan kepada kita dan hal ini bukan karena kemampuan kita untuk mendapatkannya tetapi hanya karena kemurahan-Nya. Sehingga kita diminta untuk berserah kepada Tuhan dan meminta kepada Nya untuk kita dapat mengerti rencana dan kehendak Tuhan dalam hidup kita.

0 comments: